TENTANG 30 BEYOND BALI

Program “10 Bali Baru” saat ini gencar digaungkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemenpar yaitu, Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai.

Namun kedepan diharapkan pemerintah bisa lebih memperluas dan menambah titik-titik potensial pariwisata kearah  “30 Beyond Bali”. Sebagai contoh, dalam program “10 Bali Baru”, pemerintah belum memasukkan Bunaken, Manado dan Raja Ampat, Sorong yang sebenarnya memiliki potensi besar mendatangkan wisatawan mancanegara.

Banyak wisman yang berasal dari negara-negara yang budayanya banyak diadopsi warga Indonesia, namun mereka ternyata sangat mengagumi Indonesia dan datang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia. Ini menjadi sebuah pelajaran bagi kita untuk lebih peduli pada kearifan budaya bangsa sendiri

30 destinasi tersebut antara lain, destinasi 10 Bali Baru yang terdiri dari, Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, TN Wakatobi dan Morotai (+) 20 destinasi tambahan yakni, Pulau Weh, Simeuleu, Nias, Taman Nasional Siberut, Mandah, Batam, Natuna, Enggano, Karimunjawa, Gili Trawangan, Derawan, Sombori, Bunaken, Likupang, Nihiwatu, Teluk Jailolo, Banda Neira, Pasir Panjang Kei, Raja Ampat dan Danau Sentani Papua. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *